Minggu, 29 Desember 2013

Nongol Embat

Tinggal 1 acara Temu Jidad Apadela: Garut 2013 yang tersisa sebelum kembali ke rumah masing-masing, wisata kuliner, sudah pasti makanannya harus ada bau-bau Sundanya. Nama restorannya Pujasega, letaknya di tengah kota Garut tapi jangan kaget kalau ditemukan sawah di pinggir saung, ukurannya sih nggak besar.

Muka-muka lapar
Reservasi pukul 13.00 sudah kelewat, gara-gara macet kami sampai di sini jarum jam sudah nyaris menyentuh angka 3, berhubung makanan belum siap shalat dulu lebih baik. Seolah sudah diatur yang datang terakhir di saung Uni. Aku bilang kepada kawan-kawan sambil memainkan kamera handycam, "Siap ya!, satu ..., dua ..., tiga".
"Panjang umurnya, panjang umurnya, panjang umurnya serta mulia ....".
Uni yang berulang tahun kaget banget!, kedua tangannya menutup mulutnya, biar nggak ketahuan melongo.

Uni keliling menyalami kami satu-persatu, perasaan bahagia tergambar di wajahnya. Ketika duduk dia memengang tas tangannya dengan gemasnya, "Jadi berat ninggalinnya!, Seumur-umur gue nggak penah ngerasain seseneng ini!".


Aku teringat saat Reuni Akbar 55 tahun Smandel, Uni mendatangiku, "Men, gue ikutan Apadela dong!, maksud gue ....., gue bukan Apadela tapi gue pingin ikutan acaranya". Kebersamaan Apadela yang asyik banget yang didengar Uni dari kawan-kawan yang pernah ikut, kini dirasakan sendiri. Apadela emang sip banget!

Namanya juga sudah kelaparan, apa saja yang disajikan para begitu nongol langsung diembat, otak-otak aku kebagian, kerupuk kampung nongol kena embat juga, kroket mampir ke mejaku tinggal piringnya doang keduluan diembat, satu-satu yang yang nggak segera diembat cuma teh hangat.


Makanan utamanya ayam goreng, empal, gurame, lalapan, keredok, sayur asem dan sunda-sundaan lainnya mantep banget, nggak salah memilih tempatnya.

Mencari buah tangan nggak susah tinggal mampir ke toko sebelah yang menjual aneka dodol, keripik dan kerupuk. Lengkap sudah, pipis dulu, baru pulang.


Sedikit evaluasi biar acara berikutnya bertambah bagus. Ketiga bintang tamu merasa puas dan berharap-harap cemas bisa diajak lagi di acara Temu Jidad Apadela berikutnya. Semua peserta senang dan puas kecuali sedikit kritik untuk urusan konsumsi.

Seperti gadis jujur aku tulis aja semuanya. Kekurangan konsumsi bukan karena makanannya kurang banyak, bukan karena makanannya nggak enak, tetapi karena piringnya ...... kurang lebar dan ..... kurang dalam.

Tidak ada komentar: