Kamis, 05 Februari 2009

Ketika Ibu Salmah Mengajar Bahasa Jawa

Iriana Wiharja ‘81

Kelasku Apadela alias 2 IPA 8 giliran memperoleh pelajaran Bahasa Inggris yang diasuh oleh ibu Salmah, guru yang kental dengan wajah Arabnya. Sebelum memulai pelajaran seperti biasanya bu Salmah menanyakan pelajaran terakhir sudah sampai dimana?

Aku tambahkan bahwa bu Salmah paling senang memberi tugas sebelum memulai pelajaran baru. Nah, kali ini beliau memberikan tugas menghafal kosa kata dari Student Book.

Supaya tidak sampai malu hati kalau ditanya oleh beliau, maka aku menghafalnya dengan seksama. Kosa kata yang harus dihafalkan adalah kata yang didahului dengan about.


Aku duduk di belakang sisi kanan kalau kita menghadap papan tulis, yuk kita mulai menikmati pelajarannya.

Bu Salmah menanyakan tugas, semua menjadi pendiam kalau begini, walaupun aslinya bangor-bangor. Inisiatifku muncul untuk memberitahukan beliau.
“Bu, tugasnya menghafal kata-kata tentang about-about-an”

Harapan mendapat pujian malah mendapat ejekan karena ternyata bu Salmah salah dengar. Seluruh kelas menertawakan, biasalah kelas yang penuh anak urakan memang paling seneng kalau friend-nya sengsara. Semua tertawa walaupun ada yang tidak jelas apa yang ditertawakan.
“Apaan sih? Apaan sih?”, begitu kalimat yang berkumandang

Bu Salmah mengulangi kalimatnya, kali ini tawa sekujur kelas semakin menggelegar. Jadi malu untuk melanjutkan.

Baiklah, ini siaran ulangan beliau.
“Masa Iriana mengira ini pelajaran Bahasa Jawa? Bukannya bilang kata dengan awalan about tapi yang diucapkan kata dengan awalan mboten-mboten

Tidak ada komentar: