Jumat, 18 Juli 2014

Bukber, Sebuah Tradisi



Awal Ramadhan aku bersemangat banget untuk memasak saur dan berbuka, mulai dari chicken cordon blue, black paper steak, ayam jamur saus Inggris, steak gurame, bulgogi, pokoknya macem-macem deh.

Itu awal Ramadhan, menjelang ujung Ramadhan sudah mulai malas memasak, jangan kan masak, saur aja sudah malas-malasan. Buntut-buntutnya kali ini aku saur dengan …. mi instan. Hore …. back to basic!.

Saur dengan mi instan bukan berarti berbukanya dengan mi instan juga dong, makanya aku menuju jalan Padang nomor 20, sebagai tempat perbaikan gizi, acara bukber angkatanku Smandel 81.

Sampai lokasi sudah ketinggalan shalat magrib berjamah, untung nggak ketinggal foto, rumpi berjamaah dan …. program perbaikan gizi, maklum itu makanan enak-enak.

Aku nggak perlu cerita tentang bukbernya, karena sudah sering, ya kan? Aku mau cerita bagaimana tradisi bukber Smandel 81 berawal.

Ceritanya waktu aku telponan dengan Didut, terjadi dialog seperti ini.
“Dut, kita adain acara buka puasa bareng yuk!”.
“Emang elo nggak ada bosennya ketemuan sama temen-temen?, setiap bulan ketemuan masih aja mau bikin acara”, Didut menimpali.
“Acara kita kan selalu siang, nggak pernah bikin acara malem”.
“Terus gue yang  harus nyari dana?, minta ke sana, minta ke sini”, Didut rada sewot.
“Nggak usah!, kita potluck aja!, semua orang pada bawa makanan”.
“Men, gue akuin deh, dibandingin dengan temen-temen ide elu selalu bagus-bagus, ada tapinya. Dengerin nih tapinya., tapi ……. buntut-buntutnya gue juga yang repot!. Kita lihat aja deh nanti”, nadanya sudah mulai seperti nenek sihir, eh tante sihir deng soalnya dulu kita-kata pada masih rada muda.

Beberapa hari kemudian hapeku bordering, nama Diah K tertera di layar monochrome, karena dulu belum ada hape dengan layar berwarna apalagi layar sentuh.
“Iye Dut, ada apa?”.
“Eh Men, gue udah hubungi Luci, dia bersedia rumahnya jadi tempat buka puasa”.
“Siiiip …..!”.
“Udah gitu gue udah dapet sumbangan makanan dari temen-temen”.
“Terus gue bawa apa?”.
“Nggak usah!, elo hubungin aja temen-temen untuk pada dateng!”.
Nah, itulah tradisi dimulai.


Kapan tuh?.
Perasaan 60 tahun yang lalu deh!.

Jujur, waktu aku mengangkat telpon Didut aku ragu-ragu, takut diomelin nenek sihir lagi. 


 Widowati Bda Teuteup....exis...mantapp

Tidak ada komentar: